Topologi Star

Topologi star merupakan bentuk jaringan yang mana terdapat satu penghubung (Hub/Switch) sebagai pusat dan setiap komputer terhubung ke penghubung tersebut. Hub/Switch ini posisinya ada di central dan berfungsi untuk menghubungkan satu komputer ke setiap komputer yang terhubung dan juga menghubungkan komputer ke File Server.
Cara kerjanya yaitu apabila komputer berkirim data antara satu dengan yang lainnya maka data tersebut harus mengalir ke Hub/Switch terlebih dahulu baru kemudian menuju ke komputer yang dituju.
Kelebihan dan Kelemahan Topologi Star Kelebihan: Tingkat keamanan tergolong tinggi Mudahnya dalam penambahan komputer baru yang ingin disambungkan Apabila ada yang eror mudah untuk dideteksi Paling fleksibel diantara topologi jaringan yang lainnya Kemudahan dalam mengontrol karena sistemnya yang terpusat Kekurangan: Apabila Hub/Switch rusak maka keseluruhan jaringan juga rusak Lumayan boros dalam penggunaan kabel Hub sangat sensitif, karena dia sebagai tempat central bagi jaringan Tergantung spesifikasi Hubnya, apabila rendah maka performa sistem jaringan juga rendah Biaya lebih mahal

0 komentar:

Topologi Star